Tuesday, 11 December 2018
Uncategorized

Cara Membuat file ISO Menggunakan DAEMON Tools

Cara Membuat file ISO Menggunakan DAEMON Tools, Cara Membuat file ISO Menggunakan DAEMON Tools

Cara Membuat file ISO Menggunakan DAEMON Tools

Setelah membahas tentang DAEMON Tools, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas cara menggunakannya. Kali ini saya akan berbagi tentang menjalankan salah satu fungsi dari DAEMON Tools ini. Fungsi dari DAEMON Tools salah satunya adalah untuk membuat file ISO Image. File ISO adalah file arsip dari media digital atau disk yang dibuat dengan menggunakan format konvensional diambil dari ISO Sistem berkas.
Format file ISO pada dasarnya adalah sebuah format untuk menyimpan data digital dengan mengubah file gambar ke dalam format ini. Format ini digunakan untuk membuat salinan dari CD / DVD yang dapat membawa data atribut file system file dan struktur direktori seperti itu. File ISO digunakan untuk membuat cadangan DVD / CD dan menciptakan replika yang sama karena file-file ini dapat mengkonversi dan membawa data lengkap dengan bit dari disk. Umumnya ketika file akan disalin dari disk data tidak selengkap informasi header hilang tetapi ISO membawa informasi data lengkap termasuk header pada disk. Dengan kata lain ISO adalah persis sama dengan media data asli.
DAEMON Tools
Cara Membuat File ISO Image dengan DAEMON Tools adalah sebagai berikut :
  1. Masukkan kaset disk yang ingin dibuatkan file ISO-nya ke CD/DVD Room.
  2. Jalankan aplikasi Daemon Tools.
  3. Pada aplikasi Daemon Tools, klik icon “Make Disc Image”.
  4. Berikutnya pada dialog ‘Disc Imaging’, atur beberapa bagian seperti di bawah ini :
    • Devices: Tentukan driver CD/DVD Room tempat kaset disk tersimpan
    • Reading Speed: Atur kecepatan pembacaan Disk atau biarkan saja default.
    • Destination image file: tetukan driver tempat penyimpanan file ISO.
    Anda sebenarnya bisa membuat file dalam bentuk iso, mds, dan mdx. Namun khusus tips kali ini, pilih “Standard ISO Image (iso)” pada bagian ‘Save as type’, lalu klik tombol “Save”.
  5. Anda akan kembali dibawa ke dialog ‘Disc Imaging’, untuk memulai proses pembuatan file ISO dari kaset disk CD/DVD, klik tombol “Start”.
  6. Tunggu hingga proses selesai, lalu klik “Close”.
Sekian artikel tutorial kali ini. Setelah berhasil membuat file ISO, sebaiknya dicoba untuk membukanya atau istilahnya mount. Untuk cara mountnya silahkan baca di artikel Cara Mount Image File Menggunakan Daemon Tools. Terima kasih telah berkunjung ke web ini. Semoga artikel tutorial di atas bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

  Cara Membuat file ISO Menggunakan DAEMON Tools,   Cara Membuat file ISO Menggunakan DAEMON Tools

Post Comment