Tuesday, 11 December 2018
Review

Cara Aman Berbelanja di Online Shop Luar Negeri

cara-aman-belanja-online

Berbelanja secara daring saat ini memang menjadi fashion banyak orang. Anda bisa berbelanja di berbagai online shop yang menyediakan berbagai kebutuhan. Namun, kadangkala toko online lokal tak menyediakan barang tersebut. Sebab itu, masih banyak yang belanja di toko online luar negeri. Ini tips agar aman belanja di toko online luar negeri!

  1. Lakukan Riset Situs Jual Beli Internasional yang Terpercaya

Tak bisa dipungkiri, berbelanja di situs online yang terpercaya adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar aman. Hanya saja, ada banyak situs jual beli online di seluruh dunia. Oleh sebab itu Anda harus melakukan survei terlebih dulu mana toko online yang terpercaya. Lihat situs mana yang memiliki resputasi baik dari para customer-nya.

Ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di situs online terpercaya, yakni harga yang lebih murah dibanding situs lain. Hal ini bukan tak mungkin mengingat setiap situs biasanya membanderol harga yang berbeda untuk barang yang sama. Jika Anda merasa kesulitan, cobalah cari blog atau forum lokal yang membahas mengenai situs itu.

Blog atau forum lokal ini bisa Anda temukan di banyak tempat di internet. Biasanya, dengan melihat di forum ini, Anda bisa tahu mana saja online shop luar negeri yang memiliki citra negatif. Selain itu, perhatikan juga ulasan ketepatan waktu yang diberikan oleh situs tersebut dengan melihatnya dari review yang ada di forum-forum.

  1. Teliti dengan Ongkos Kirim

Ketika Anda sudah menemukan situs online terpercaya dan menemukan barang yang diinginkan, jangan langsung mengiyakan pembelian barang. Teliti dulu berapa ongkos kirim yang akan dikenakan pada Anda. Biasanya, setiap situs online tidak hanya menyediakan satu opsi pengiriman dengan harga yang sama.

Oleh sebab itu, Anda harus membandingkan semua dengan teliti. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa mendapatkan harga dan pelayanan terbaik. Kalau perlu, Anda bisa cari situs online yang menyediakan pengiriman ke Indonesia secara gratis. Ada, kok! Hanya saja Anda harus teliti.

  1. Kenali Metode Pembayaran yang Ditawarkan

Saat berbelanja online baik di situs lokal ataupun internasional, tentunya akan ada metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Hanya saja, biasanya situs luar negeri seringnya menawarkan pembayaran melalui kartu debit dan kredit saja. Ingat, pembayaran dengan metode ini bisa saja berisiko bila Anda tak cermat.

Data kartu Anda bisa saja dicuri. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meminimalisir hal buruk tersebut. Misalnya melihat apakah situs tersebut diawali dengan ‘https://’. Huruf S pada situs tersebut menandakan lapisan keamanan ganda yang dimilikinya.

Selain itu, Anda juga wajib mengecek label keamanan situs tersebut. Label ini biasanya terdapat di bagian bawah halaman utama dari situs itu. Sebagai contoh, situs dari China. Label keamanannya biasanya terdiri dari nomor izin ICP yang bisa langsung dilihat di halaman utama situsnya.

  1. Jangan Lupakan Beacukai

Berbelanja di situs online luar negeri tentunya Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah bea cukai. Anda harus menyiapkan dana ekstra untuk ini. Tenang, bila belanjaan Anda tak lebih dari USD 50, Anda akan aman dari ini karena dianggap sebagai gift. Namun, bila lebih, Anda harus membayar bea cukai dulu sebelum bisa tembus ke Indonesia.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar aman dan nyaman ketika belanja di online shop luar negeri. Ada banyak situs online luar negeri yang bisa Anda tuju untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Hanya saja, sebelum membeli, pastikan dulu situs tersebut aman!

Post Comment